12 April 2009

Pilih notebook atau laptop?

Sebenarnya pada jaman sekarang ini, tidak perlu bingung memilih notebook atau laptop. Karena sekarang ini notebook atau laptop bisa dikatakan satu arti. Beda dengan dulu, dimana laptop itu dimensi nya lebih besar, spesifikasinya tinggi hampir mendekati komputer desktop, boros batere namun performa lebih sedangkan notebook lebih ramping, komponen hardware lebih khusus untuk mobile, batere lebih tahan lama dan lain sebagainya. Tapi sekarang ini laptop sudah banyak yang tipis, ringan, hemat daya, dan lain-lain. Jadi bisa dikatakan hampir tidak ada garis batas perbedaan antara laptop atau notebook. Yang lagi trend sekarang ini, ada beberapa jenis notebook yaitu laptop sendiri, UMPC (Ultra-Mobile PC), Tablet PC, Netbooks (EeePC), OLPC dan lain sebagainya.

Jadi, yang perlu dipertimbangkan dalam memilih notebook/laptop adalah dasar kebutuhan kita, spesifikasi (terkait dengan performa), dan harga. Hal pertama yang kita pertimbangkan adalah kebutuhan, untuk keperluan apa kita menggunakan laptop nantinya, apakah untuk pekerjaan kantoran, aplikasi internet, desain grafis, game atau yang lain. Nantinya dalam soal kebutuhan akan mengacu pada spesifikasi yang kita pilih.

Apabila kita menggunakan aplikasi kantor dan internet, minimal kita memilih laptop yang diperkuat proses Intel Celeron atau Pentium Dual-Core, kedua prosesor itu cukup mumpuni untuk aplikasi kantor dan internet. RAM yang dibutuhkan 512MB, cukup untuk Windows XP sedangkan untuk Windows Vista 1024MB. Spesifikasi grafis cukup standar onboard saja biasanya dari Intel. Harganya lebih murah dibanding yang lain.

Dan apabila kita akan menggunakan aplikasi grafis baik 3D atau 2D dan game 3D ringan, minimal laptop berkekuatan Intel Centrino Duo atau AMD Turion X2 yang kita pilih. Rekomendasi RAM yang dibutuhkan adalah 2GB untuk Windows Vista. Untuk grafis, pilihlah laptop yang diperkuat grafis onboard dari ATi (ATi Radeon) atau nVidia (nVidia GeForce Mobile). Harganya biasanya lebih mahal dibandingkan sebelumnya.
Hal lain yang perlu diingat adalah laptop yang di-bundle dengan sistem operasi windows (umumnya Windows Vista) lebih mahal dibandingkan laptop yang tidak di-bundle sistem operasi windows. Biasanya dari produsen hanya menyediakan sistem operasi linux atau freedos.

Berikut ini adalah contoh merk-merk laptop terkenal dan seri-serinya:
* Acer – TravelMate, Extensa, Ferrari danAspire
* Apple – MacBook, MacBook Air dan MacBook Pro
* ASUS – Asus Eee, Lamborghini
* Compaq – Evo, Armada, Contura, LTE, dan Presario
* Dell – Inspiron, Latitude, Precision, Studio, Vostro dan XPS
* Fujitsu
* Gateway
* HCL
* Hewlett-Packard – HP Pavilion, HP Omnibook, HP Compaq Notebooks
* Lenovo – ThinkPad, IdeaPad, dan 3000 series
* Panasonic – Toughbook, Satellite,
* Samsung – SENS: M, P, Q, R and X series
* Sony – VAIO: FJ Series, UX, TZ, NR, SZ, CR, FZ, dan AR series
* Toshiba – Dynabook, Equium, Portege, Tecra, Satellite, Qosmio, Libretto

2 comments:

adeska said...

Trima kasih utk informasinya.
Bagaimana dengan merk Axio, apakah recomended?. trims.

lif2k3 said...

Sama-sama.
Boleh-boleh saja milih Axio, tapi menurut saya dari segi kualitas lebih bagus merk luar yg terkenal. Saya pernah nemuin kasus display Axio mati padahal blm lama dipakai.

Post a Comment

Silahkan isi komentar Anda tentang artikel saya :